Fenomena Halo Matahari Dengan Gempa di Aceh

13 Apr 2012

Di sekolah, sedang mengerjakan latihan ulangan, dan hanya tinggal menunggu Vincent selesai, aku mendengar guru kelas 5 berkata ” Ayo! keluar dulu sebentar, mataharinya aneh tu! “. Lalu tiba-tiba sisa orang yang ada di kelas langsung lari semua ke luar. ternyata, di sekeliling mataharinya ada lingkaran pelangi. Tidak terlalu jelas, tapi kelihatan juga sedikit.

Banyak siswa yang memotret fenomena itu. Sampai guru guru juga. Tapi yang anehnya lagi di handphonenya Pak Ichsan, guru agama, ditengah mataharinya ada titik hitam, kupikir apa itu. Mungkin hanya efek kamera HP yang terlalu banyak menerima cahaya

Google.com

ibukitakartini.com

Hari esoknya aku mendengar berita dari Bagus. Dia melihat di TV ada gempa di Aceh. 8,6 SR, tapi tidak menimbulkan tsunami. Itu yang anehnya lagi. Kemudian biasanya kalau ada fenonena berarti akan ada musibah. Kalau ada musibah biasanya sebelum ada bencana ada fenomena dulu. Setelah berpikir seperti itu artinya fenomena halo matahari yang kulihat adalah tanda bahwa akan terjadi bencana. Memang sering aku melihat di berita dan Di On The Spot Trans 7, yang tentang fenomena, sesudah ada fenomena dilanjutkan dengan bancana. di wikipedia aku juga baca “sebelum meteorologi di kembangkan, halo sering digunakan untuk memperkirakan cuaca”

ini adalah penjelasan dari Wikipedia tentang halo matahari: “halo muncul disebabkan oleh kristal es pada awan cirrus yang dingin yang berada 510 km atau 36 mil di lapisan atas troposfer. Fenomena ini bergantung pada bentuk dan arah kristal es, cahaya matahari direfleksikan dan dibiaskan oleh permukaan es yang berbentuk batang atau prisma sehingga sinar matahari menjadi terpecah kedalam beberapa warna karena efek dispersi udara dan dipantulkan ke arah tertentu, sama seperti pada pelangi.” (Sumber: id.Wikipedia.org)


TAGS Gambar halo matahari gempa 8.6 SR berita Aceh Wikipedia sekolah


-

Author

Follow Me